Bagaimana sepeda Anda diatur memiliki efek yang sangat besar pada cara Anda mengendarainya. Posisi pelana [jok] dan setang membantu menentukan jenis performa yang diharapkan pengendara.

Tiga bagian tubuh pengendara yang bersentuhan dengan sepeda: tangan, kaki, dan jok. Pertama, pertimbangkan kemiringan kursi.

Sadel sepeda bisa sangat tidak nyaman. Kecenderungannya adalah memiringkan pelana ke depan agar lebih nyaman. Posisi ini membuat pengendara meluncur ke depan dari pelana, dan menyebabkan pengendara harus terlalu membebani tangan. Pelana yang rata adalah pilihan terbaik. Pilih salah satu yang nyaman untuk Anda.

Seberapa tinggi seharusnya pelana? Idealnya secara umum adalah memiliki sadel yang cukup tinggi sehingga tumit pengendara yang diperpanjang seharusnya hanya menyentuh pedal di bagian bawah putaran pedal. Karena kebanyakan orang mengayuh dengan telapak kaki, posisi ini memberikan kelenturan yang cukup pada kaki.

Jenis berkendara yang Anda rencanakan akan menentukan seberapa jauh kursi harus berada di depan. Jika Anda balapan, tubuh Anda akan condong ke depan untuk memaksimalkan profil yang lebih rendah dan lebih aerodinamis. Dalam posisi ini, pelana harus lebih jauh ke belakang. Namun, jika Anda sedang melakukan tur, dan mempertahankan profil yang lebih vertikal, Anda tidak ingin sadel Anda lebih maju.

Jika tujuannya adalah kecepatan, dan jok lebih jauh ke belakang dan tubuh pengendara condong ke depan, setang harus lebih ke depan dan ke bawah sekitar 2-3 “di bawah jarak sadel. Jika pengendara tegak dan menikmati pemandangan, setang harus sejajar dengan sadel dan lebih jauh ke belakang.

Penyesuaian sepeda yang tepat akan meningkatkan kenyamanan Anda dan membantu Anda menikmati pengalaman bersepeda dengan lebih baik.

Menyesuaikan Sepeda Anda Agar Sesuai Dengan Anda

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *