Pada 1 Juli 2013, Kroasia akan bergabung dengan Uni Eropa dan keanggotaan Merek Dagang Komunitas (CTM) akan meluas ke 28 negara. Saat ini, 27 negara yang dicakup oleh Merek Dagang Komunitas adalah Austria, Belgia, Bulgaria, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Irlandia, Italia, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Polandia , Portugal, Romania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Belanda dan Inggris.

Pada tanggal aksesi, Kroasia akan ditambahkan ke negara-negara yang dilindungi oleh Merek Dagang Komunitas (mekanisme hemat biaya untuk mendapatkan pendaftaran pan-Eropa dengan sampul Pendaftaran Merek Dagang tunggal) dan hak Merek Dagang Komunitas yang ada akan diperluas dan diberlakukan di Kroasia , tanpa pembayaran biaya pengajuan tambahan.

Untuk pihak yang ingin mendapatkan perlindungan Merek Dagang di seluruh Eropa, disarankan untuk mengajukan Aplikasi Merek Dagang Komunitas sebelum 31 Desember 2012, setelah tanggal tersebut, pemegang hak nasional di Kroasia dapat berusaha untuk menentang atau membatalkan Aplikasi atau pendaftaran merek Dagang Komunitas, berdasarkan kewarganegaraan sebelumnya. hak di Kroasia.

Setelah periode enam bulan sebelum entri dimasukkan, pemegang hak Kroasia akan dapat menegaskan hak mereka sebelumnya terhadap Aplikasi CTM melalui penentangan dan proses ketidakabsahan. Jika berhasil, Aplikasi CTM akan gagal karena sifat kesatuannya, meskipun dapat diubah menjadi Aplikasi nasional di negara lain tetapi proses ini mahal.

Fenomena lain dari sistem CTM adalah kemampuan untuk mengklaim “senioritas” dari Pendaftaran Merek Dagang nasional terkait di Negara Anggota lainnya, asalkan Merek Dagang dan pemiliknya identik dan spesifikasi barang / jasa sama atau lebih sempit. Ini berarti bahwa pada pembaruan, Pendaftaran nasional dapat dibiarkan kedaluwarsa tetapi manfaatnya dianggap terus berlanjut berdasarkan klaim senioritas dalam Pendaftaran CTM. Setelah Kroasia mengakses sistem CTM, senioritas dapat diklaim dari Pendaftaran Merek Dagang Kroasia.

Penting untuk dicatat bahwa Aplikasi CTM yang diajukan selama periode enam bulan sebelum aksesi tidak dapat digugat berdasarkan alasan yang hanya berlaku karena aksesi Kroasia ke sistem CTM. Setelah aksesi, dasar oposisi / ketidakabsahan di semua 28 Negara Anggota akan relevan.

Setelah Kroasia bergabung dengan UE dan menikmati manfaat terkait, termasuk pergerakan bebas barang, bisnis diharapkan mengeksplorasi manfaat komersial dari pasar Eropa yang belum tersentuh ini. Jika pasar Kroasia berpotensi menarik minat bisnis Anda, pendekatan proaktif dianjurkan, termasuk melakukan pencarian izin untuk mengeksplorasi keberadaan hak terdaftar yang relevan di Kroasia dan juga, pemeriksaan pasar umum untuk hak yang tidak terdaftar.

Kroasia dan Pendaftaran Merek Dagang Komunitas: Implikasinya

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *